3 Tokoh Sukses di Bidang Teknologi

Januari 02, 2024 0 Comments

1. Steve Jobs


Salah satu Tokoh pengusaha yang sukses di dunia menurut saya adalah Steve Jobs, dia merupakan tokoh revolusioner khususnya di bidang teknologi seperti smartphone dan komputer dia mempunyai produk sendiri di bidang tersebut yang bernama apple, alasan saya memasukan Steve Jobs kedalam tiga tokoh pengusaha sukses ini karena produk dia banyak diinginkan oleh kebanyakan orang, itu semua karena kualitas dari produk apple yang banyak unggulnya dari produk manapun, bahkan ketika kita menanyakan sesuatu kepada orang lebih bagus mana android atau ios (apple) pasti kebanyakan jawab ios (apple), meskipun android dengan kapasitas lebih besar seperti RAM 4GB dan ios hanya RAM 2GB pasti tetap kebanyakan jawaban akan menganggap ios (apple) lebih bagus, bahkan tak jarang banyak yang menganggap produk apple sebagai lambang kemewahan karena harganya yang mahal, tetapi dibalik harga yang mahal pasti ada kualitas yang baik dan mungkin tidak dimiliki oleh produk manapun, seperti ada hal yang spesial di dalam apple. Selain dari produknya apple saya termotivasi oleh Steve Jobs bagaimana dia bisa menciptakan produk tersebut, karena tidak mudah untuk menciptakan sebuah produk dan membangun perusahaan sebesar apple sekarang.

Ternyata semua diawali oleh Steve Jobs yang mahir dalam menggunakan teknologi dan selalu mempunyai ide-ide kreatif yang bisa diterapkan ke dalam sebuah teknologi, seperti di tempat kerja pertamanya yaitu tempat pembuatan game, Steve sempat mengerjakan projek game berwarna hanya berdua dibantu oleh temannya bernama woz dan berhasil bahkan dikagumi oleh bosnya sendiri. Berkat ide kreatif dan kerja keras nya dia diberikan hadiah sebesar 5000 dollar. Bahkan nama apple sendiri dia ambil karena buah apel melambangkan kreatifitas, nama tersebut didirikan ketika Steve melihat projek komputer rumahan milik woz, dan muncul kembali ide kreatif di otaknya untuk mengembangkan dan memproduksi lebih banyak komputer rumahan tersebut. Selain memiliki kreativitas Steve juga mampu berkomunikasi dengan baik seperti ketika bernegosiasi dan mengajak kerjasama dengan orang lain, Steve selalu berusaha sampai orang tersebut tidak bisa menolak tawaran dari Steve, berkat komunikasi dari Stevie yang bagus apple yang tadinya hanya memiliki garasi sebagai kantor dan tempat produksi sekarang berubah menjadi kantor yang besar dan berubah menjadi perusahaan terbuka. Apple tercipta karena bantuan oleh beberapa pihak, ketika Steve berhasil membangun perusahaan apple dia sempat terlibat beberapa masalah, hal yang wajar jika masalah sering terjadi karena untuk membangun sesuatu untuk menjadi besar pasti harus melewati rintangan-rintangan yang besar juga tinggal bagaimana kita sebagai manusia bisa melewati rintangan tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Steve Jobs ini, dia sempat memiliki masalah dengan rekan-rekan kerjanya bahkan Steve sempat keluar dari perusahaan yang didirikan sendiri yaitu Apple. Namun ketika Apple ditinggalkan oleh Steve kondisi perusahaan itu tidak sebaik ketika Steve masih memimpin bahkan memburuk sehingga Apple kembali memanggil Steve Jobs untuk memimpin sekaligus memperbaiki keterpurukan Apple. Berkat kerja keras dan kegigihannya, Steve Jobs mampu membangun Apple dan menciptakan produk-produk unggulan yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi di dunia. Berikut merupakan kisah singkat bagaimana perusahaan apple terbentuk oleh Steve Jobs, pemikiran kreatif, kerja keras, dan komunikasi yang baik merupakan beberapa hal yang harus saya miliki sebagaimana Steve Jobs menguasainya dan mengantarkannya menuju kesuksesan. Saya juga mempunyai mimpi untuk memiliki usaha dibidang teknologi supaya bisa bermanfaat bagi orang-orang di dunia.

2. Mark Zuckerberg


Tokoh pengusaha selanjutnya ada Mark Zuckerberg yang lebih kita kenal sebagai CEO dari facebook, saya sendiri sudah menggunakan facebook sejak saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), dimana waktu itu pengguna facebook masih sangat aktif saya sendiri menggunakan media sosial tersebut untuk berkomunikasi dengan teman-teman dan bermain game yang tersedia di dalamnya, dengan banyaknya fitur yang terdapat di dalam facebook membuat saya tertarik untuk belajar membuat website. Seperti yang sudah dibangun oleh Mark Zuckerberg, bahkan semakin berkembangnya teknologi dan banyak penggunaan media sosial, membuat semakin banyak juga platform-platform media sosial yang bermunculan dan kini Mark memegang beberapa media sosial yang banyak digunakan oleh orang-orang di dunia seperti twitter, instagram, dan pastinya facebook sehingga nama perusahaan berganti menjadi Meta. Untuk membangun perusahaan sebesar Meta tersebut tentu butuh proses yang panjang dan tidak mudah, seperti Mark yang mengawali karirnya sebagai pengguna blog, kemudian Mark membangun website facemask.com bersama teman-teman sekamarnya yang kuliah di jurusan yang sama, website tersebut merupakan web untuk mereview wanita-wanita yang ada di kampus Mark, seperti memberikan rating pada wanita-wanita. Mark sendiri kuliah di Harvard jurusan IT tentu orang-orang disitu sangat pintar soal IT termasuk Mark dan teman-temannya. Bahkan mereka sempat melakukan Hack pada website kampus untuk mendapatkan foto-foto wanita supaya dimasukan ke dalam website facemask.com karena Mark telah melakukan Hack pada website kampus membuat dia harus disidang oleh kampus, dan mendapatkan hukuman 6 bulan jika Mark mengulangi kesalahannya lagi maka Mark akan dikeluarkan dari kampus.

Sampai pada akhirnya Mark tergabung dalam pembuatan media sosial dan pada tanggal 11 Januari 2004 terciptalah thefacebook.com, sebulan berdirinya media sosial tersebut Mark masih merasa ada yang kurang dan dia terus memikirkan kekurangan tersebut bahkan sampai Mark kurang tidur. Ketika sedang berada di kelas mark didatangi oleh teman kelasnya dan menanyakan kepada Mark soal status pasangan, dari situlah Mark akhirnya menemukan kekurangan yang ada pada thefacebook.com yaitu kolom status pasangan. Sehingga Mark merasa situs thefacebook.com sudah siap launching, ketika situs tersebut launching langsung viral di kampus Harvard dan semua orang menyukai situs tersebut. Tetapi setelah viralnya thefacebook.com Mark dan temannya yang bernama Eduardo dikirim surat tuntutan hukum karena thefacebook.com sudah mencuri ide dari situs Harvard Connection yang sebelumnya Mark pernah gabung dalam proyek tersebut tetapi keluar di tengah jalan. Sampai pada akhirnya mereka mencabut semua tuntutannya kepada Mark dan Harvard Connection menerima uang sekitar 65 Juta Dollar. Hingga saat ini perusahaan tersebut berganti nama menjadi Meta dan tidak hanya mengelola media sosial saja, perusahaan itu juga sedang mengembangkan media sosial menjadi dunia virtual yang baru bernama metaverse, dimana orang-orang nantinya dapat berinteraksi secara langsung dengan face to face meskipun terpisah oleh jarak dan melakukan aktivitas lainnya seperti yang biasanya dilakukan. Berikut ini merupakan hal yang menjadi motivasi bagi saya dan sekaligus pelajaran, karena pada dasarnya kita tidak bisa sendirian untuk mendirikan sebuah usaha, butuh teman ataupun orang lain yang bersungguh-sungguh untuk membantu kita.

3. Achmad Zaky


Tokoh pengusaha yang satu ini merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), dia bernama Achmad Zaky pendiri dan mantan CEO situs jual beli online bernama Bukalapak, saya sendiri sebenarnya tidak menggunakan Bukalapak tetapi melihat fungsi dari situs tersebut yang bisa bermanfaat bagi pengusaha-pengusaha kecil membuat saya semakin tertarik dalam mempelajari pembuatan website. Sehingga saya nantinya bisa menerapkan ilmu tersebut terutama supaya bermanfaat bagi Pangandaran dan orang-orang disekitarnya. Apalagi saya yang besar di Desa tentu keinginan untuk bermanfaat bagi orang-orang desa sendiri sangat ada. Seperti Achmad Zaky yang merupakan anak Desa juga bahkan dia sewaktu kecil sempat tidak mendapat pasokan listrik dari PLN. Achmad Zaky tumbuh di daerah pedesaan tepatnya Sragen, untuk pendidikan Zaky menempuh hingga SMP di Sragen dan melanjutkan SMA di Solo, minat Zaky mempelajari ilmu komputer ternyata sudah ada sejak SD, dia membaca buku tentang komputer dan pemrograman dari pamannya, hal tersebut membuat dia mempunyai passion dalam bidang komputer dan pemrograman atau biasa kita sebutnya dengan informatika. Achmad Zaky sendiri kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) selama kuliah Zaky sempat jualan mie ayam, dan kemudian bangkrut karena tidak mendapatkan keuntungan seperti yang dia harapkan. Tidak hanya berjualan selama duduk di bangku kuliah, Zaky juga aktif mengikuti kompetisi-kompetisi informatika dan meraih banyak prestasi, dengan prestasinya tersebut mampu mengantarkan Zaky untuk menerima beasiswa studi ke Oregon State University, dan pendidikan tersebut dia jalani selama dua bulan.

Lulus dari kuliah Zaky berpikir jika dia hanya memiliki dua pilihan yaitu bekerja diperusahaan orang atau mendirikan perusahaannya sendiri, karena sudah melamar kesana-kesini tapi tidak ada yang menerimanya sehingga Zaky memutuskan untuk membuat usahanya sendiri yang masih berhubungan dengan informatika yaitu jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia. Usaha tersebut berkembang dengan cepat dan membuat Zaky memutuskan untuk mendirikan e-commerce bernama Bukalapak. Situs tersebut didirikan Zaky bersama temannya yang bernama Nugroho, mereka awalnya menyadari jika seller dan buyer membutuhkan situs online untuk bertransaksi secara mudah, aman, dan nyaman. Sehingga di kamar kosan berukuran 4x4 Zaky dan Nugroho mendirikan Bukalapak pada tahun 2010. Achmad Zaky memotivasi saya supaya tidak pernah menyerah pada keadaan, selalu berusaha dan konsisten menjadi kunci dalam suksesnya sebuah usaha, berdasarkan kisah singkat dari Achmad Zaky, saya sempat memiliki ide untuk membuat website media sekaligus jual beli online khusus Pangandaran, dan target pasarnya adalah orang-orang luar Pangandaran selain dapat membaca informasi seputar Pangandaran baik itu tentang wisata ataupun informasi lainnya, selain itu para pelaku UMKM juga nantinya bisa memasarkan dagangan mereka secara online.

REFERENSI

BLOGUNIK. (2020). Kisah Inspiratif Achmad Zaky Pendiri Bukalapak Dari Jatuh Bangun Hingga Menjadi Sukses. Blogunik.Com. https://blogunik.com/kisah-inspiratif-achmad-zaky-pendiri-bukalapak/
David Fincher. (2010). The social network.
Joshua Michael Stern. (2013). Jobs.